8 Cara Dapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan

8 Cara Dapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan

KOMPAS.com - Harga tiket pesawat perlu dipertimbangkan sebelum berlibur seorang diri atau bersama keluarga maupun teman. Pasalnya tiket pesawat yang mahal terkadang menjadi deal breaker untuk orang-orang tertentu yang memiliki anggaran terbatas. Bahkan, harga tiket pesawat bisa jadi tidak sebanding dengan total biaya yang dihabiskan untuk pergi ke suatu tempat. Karena alasan itulah cermat membeli tiket pesawat agar harganya murah diperlukan supaya biaya yang dikeluarkan worth it.

Meski saat ini harga masih melambung, kita masih berpeluang mendapatkan tiket pesawat yang murah dengan cara-cara berikut ini.

1. Pesan jauh-jauh hari

Liburan akan bebas worry jika kita merencanakannya jauh-jauh hari. Hal yang sama juga berlaku saat membeli tiket pesawat. Alasannya adalah harga kemungkinan lebih mahal jika kita memesan tiket mepet dengan tanggal keberangkatan. "Merencanakan sekitar 3-6 bulan sebelumnya merupakan pilihan yang aman," kata General Manager situs pemesanan tiket online Klook, Sarah Wan. "Itu akan memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan penawaran terbaik dan merencanakan ke depan.”

2. Hindari musim liburan

Bukan rahasia umum jika harga komoditas apa pun akan melonjak jelang musim liburan, seperti Lebaran, libur sekolah, Natal, Tahun Baru, termasuk hari kejepit. Jadi, hindari momen tersebut ketika membeli tiket pesawat karena hampir bisa dipastikan harganya akan tinggi. Kita disarankan untuk membeli tiket pesawat di luar musim liburan alias off season jika memgincar harga yang murah. Bahkan, ada juga anggapan yang meyakini terbang di weedays lebih murah ketimbang akhir pekan. Menurut laporan Channel News Asia, memesan tiket pesawat pada momen yang tepat dapat menghemat hampir 25 persen. Terbang pada hari Selasa dan Kamis adalah pilihan yang murah, sedangkan akhir pekan antara Jumat dan Sabtu bisa sangat mahal.

3. Bandingkan harga

Jangan terburu-buru mengklik tombol "pesan" sebelum membandingkan harga tiket setiap maskapai untuk tanggal keberangkatan dan rute yang sama. Karena setiap maskapai mematok harga yang bersaing -bahkan promo- yang bisa kita manfaatkan. Cara termudah membandingkan harga tiket pesawat adalah menggunakan Google. Kita cukup mengetik lokasi tujuan dan tanggal berangkat, kemudian klik "penerbangan" di bawah kolom pencarian, maka Google akan membantu mencarikan harga tiket yang sesuai keinginan.

4. Pakai transportasi lain

Pertimbangkan untuk menggunakan transportasi lain supaya budget liburan tidak terkuras. Misalnya, memesan pesawat ke bandara terdekat dari destinasi untuk selanjutnya meneruskan rute menggunakan transportasi lain.  

5. Memanfaatkan diskon dan promosi

Pemesanan tiket pesawat secara online memudahkan kita mendapat promo atau diskon. Bisa saja maskapai menawarkan tanggal keberangkatan yang sesuai keinginan atau paket penerbangan lain yang dapat memangkas harga tiket. Di sisi lain, beberapa situs pemesanan tiket menyediakan fasilitas berlangganan yang memberikan banyak keuntungan bagi member-nya.

6. Pakai kartu kredit

Kartu kredit adalah alternatif lain untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah. Jika bank berafiliasi dengan maskapai, maka kita dapat mengumpulkan poin saat bepergian.

7. Promo tiket khusus pelajar dan usia Maskapai plat merah maupun swasta nasional ada yang menawarkan promo bagi pelajar, anak-anak berusia di bawah 12 tahun, maupun lansia di atas 65 tahun untuk mendapatkan potongan harga tiket pesawat. Promo tersebut tentunya perlu dimanfaatkan apabila hendak bepergian ke destinasi lokal maupun luar negeri dengan harga murah.

8. Pilih penerbangan tidak langsung

Rute transit biasanya akan lebih murah ketimbang membeli tiket penerbangan langsung. Cara tersebut dapat dilakukan jika kita punya banyak waktu luang. Biasanya maskapai menetapkan kota-kota besar di dunia sebagai lokasi transit untuk rute internasional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Cara Dapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/22/100000520/8-cara-dapatkan-tiket-pesawat-murah-untuk-liburan?page=all#page2.
Penulis : Yefta Christopherus Asia Sanjaya
Editor : Glori K. Wadrianto

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/